Saturday 5 September 2015

Pendakian Gunung Latimojong - Sulawesi











Gunung Latimojong adalah gunung tertinggi di pulau Sulawesi. gunung ini buka merupakan gunung api akan tetapi berupa pegunung yang mempunyai beberapa puncak diatasnya. Gunung Latimojong yang terletak di Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan, mempunyai banyak puncak yaitu puncak Pantealoan (2500 mdpl), puncak Pokapinjang (2970 mdpl), puncak Rante Mario (3478 mdpl), puncak Sinaji (2430 mdpl), puncak Sikolong (2754 mdpl), puncak Rante Kambola (3083 mdpl), puncak Nenemori (3397 mdpl), puncak Bajaja (2700 mdpl), puncak Latimojong (2800 mdpl).


Untuk mencapai puncak Rante Mario bisa di akses melalu jalur Karangan( Dusun Karangan, Desa Rantelemo, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang).




Jalur pendakian




Makassar - Baraka




Basecamp KPA Lembayung di Baraka


Dari makassar biasanya pendaki mencharter mobil angkutan untuk akses ke kecamatan baraka, kabupaten Enrekang. Setibanya di baraka biasanya para pendaki menyempatkan diri berkunjung ke KPA (Kelompok Pecinta Alam) Lembayung untuk sekedar bersilaturahmi, dan disana kita juga bisa mencari informasi tentang pendakian ke Gunung Latimojong. Sebelum melakukan perjalanan ke Desa Karangan pendaki harus izin ke Polsek Baraka, mengisi data diri dan juga membayar adminidstrasi untuk pendakian.




Baraka - Rante Lemo - Desa Karangan


Desa Rante Lemo


Jalan menuju desa Karangan


Basecamp di desa Karangan


Perjalanan selanjut nya untuk mencapai desa Karangan biasanya pendaki mencharter Jeep/Hardtop yang disediakan untuk para pendaki, dan bagi yang tidak kebagian jeep masih ada truk yang siap mengantar pendaki ke desa Karangan. Biasanya jika cuaca kemarau jeep bisa mengantarkan pendaki langsung ke desa Karangan, tapi jika musim hujan jeep/hardtop hanya bisa mengantar sampai ke desa Rante Lemo saja, kemudian pendaki harus berjalan kaki selama 2 jam melewati desa Karuaja dan desa Bulukumba dengan track menanjak dan berlumpur untuk menuju ke desa Karangan.




Desa Karangan - Pos I (Buntu Kaciling)





Perjalanan di lanjutkan, setelah melewati desa Karangan pendaki akan disuguhkan pemandangan yang indah melewati kebuh cengkeh dan kopi milik warga. Setelah melewati perkebunan warga pendaki harus menyebrangi sungi Salu Karangan dengan jembatan terbuata dari batang pohon. Tak lama dari situ pendaki akan bertemu jalanan bercabang dua, yaitu kekiri mendatar adalah jalan menuju puncak Rante Mario dan kekanan menuju puncak Nene Mori yang merupakan puncak tertinggi kedua di Sulawesi. Setelah dari situ sampailah di area terbuka berukuran 4 meter persegi, yaitu Buntu Kaciling dengan ketinggian 1.800 mdpl. Di pos ini tidak terdapat sumber air, biasanya pendaki mengambil air di sungai Salu Karangan saat sebelum menyebranginya.




Pos 1 (Buntu Kaciling) - Pos 2 (Goa Sarung Pakpak)


Perjalanan dari Pos 1 ke Pos 2 cukup menguras tenaga karena jalurnya menyempit , licin, berlumut naik turun menyusuri sisi bukit. Setelah menyeberangi sungai besar pendaki akan sampai di Pos 2 Goa Sarung Pakpak. Pos 2 dikelilingi hutan rotan dengan sumber air berupa sungai yang airnya mengalir deras. Di Pos 2 terdapat pelataran di bawah tebing batu yang cukup untuk 2 tenda.




Pos 2 (Goa Sarung Pakpak) - Pos 3 (Lantang Nase)




Meninggalkan pos 2 pendakian dihadapkan track terjal menuju ke pos 3, tanjakan tanpa ampun dengan kemiringan 75-80 derajat. Untuk mendakinya tak jarang kita memerlukan bantuan tangan, walaupun jaraknya hanya sekitar 0,6 Km, namun memerlukan waktu ± 40 menit dari pos 2. Medan yang dilalui di awal merupakan bebatuan lepas yang bisa menjadi berbahaya bila kita berjalan tidak hati hati, beberapa waktu kita harus menggunakan tangan untuk membantu pergerakan untuk tetap naik, mungkin sudah termasuk dalam klasifikasi Scrambling. Pos 3 merupakan area datar berukuran 5 meter persegi dengan ketinggian 1940 mdpl. Tidak ada sumber air disini.




Pos 3 (Lantang Nase) - Pos 4 (Buntu Lebu)





Jalur menuju pos 4 tidak se-ekstrem sebelumnya, kemiringannya menurun menjadi kisaran 60 - 70 derajat. Terdapat beberapa bonus track mendatar, namun tetap dibutuhkan kewaspadaan tinggi agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan. Pos Buntu Lebu berada pada ketinggian 2.140 Mdpl, merupakan area datar seluas 6 meter persegi yang tertutup rerimbunan pohon dan tidak terdapat sumber air disini.




Pos 4 (Buntu Lebu) - Pos 5 (Soloh Tama)





Perjalanan dari pos 4 akan berlanjut melalui hutan-hutan berlumut, perhatikan kaki anda, banyak terdapat akar-akar tanaman yang menonjol keluar dan kalau tidak hati-hati anda bisa tersandung, perjalanan menuju pos 5 lumayan menanjak namun tidak terlalu terjal, hanya saja agak panjang dan lebat hutannya, setelah kira-kira 1 jam 30 menit pendaki akan tiba di Pos 5.

Pos 5 merupakan tanah datar yang lumayan luas, namun bila sehabis hujan, air biasanya menggenangi daerah tengah-tengah pos 5, terdapat bekas pohon tumbang disini, di pos 5 ini dapat memuat 10 – 12 buah tenda dome, di pos 5 terdapat sumber air, namun anda harus berjalan ±200 meter untuk menuju sumber air tersebut, dan untuk menuju sumber air tersebut anda harus berjalan ke arah pos 6 dan kemudian akan menemukan sebuah pertigaan, ke kanan adalah menuju pos 6 dan ke kiri (turun) menuju ke sumber air, dari pos 5 ini juga anda dapat melihat sebuah air terjun di kejauhan diatas bukit yang terdapat di depan anda, tentunya bila cuaca cerah. Pos ini biasa digunakan pendaki untuk bermalam.




Pos 5 (Soloh Tama) - Pos 6 (Jendela Surga)





Dari pos 5 diperlukan waktu kira-kira 50 menit untuk tiba di pos 6, jalurnya akan benar-benar menanjak dan udara dingin sudah benar-benar menusuk, tidak ada yang spesial di jalur ini hanya sebidang tanah berukuran 3x6 meter persegi, tetapi dari pos 6 ini kita sudah bisa melihat jejeran pegunungan Latimojong yang mengintip malu dengan puncaknya yang bersusun rapi, sangat menyejukkan mata.




Pos 6 - Pos 7 (Kolong Buntu)





Selepas dari pos 6 perjalanan akan benar-benar mengasyikan. Karena perjalanan kita akan melewati jalur sempit, melewati hutan lumut yang sangat jarang di temui di gunung-gunung dipulau jawa.





Setelah berjalan kira-kira 90 menit dari pos 6, maka anda akan tiba di pos 7, sebuah pos yang paling indah di jalur ini, dari sini seakan-akan anda sudah berada di puncak, ketinggiannya adalah 3.100 mdpl, disini terdapat sebuah sungai di lembah sebelah kiri, dan untuk mencapai puncak rante Mario hanya diperlukan waktu kurang dari 30 menit lagi. Pos 7 ini juga merupakan tempat melihat pemandangan jajaran pegunungan latimojong, hutan – hutan lebat dan cakrawala di kejauhan semua terlihat disini, apalagi pada sore hari, awan – awan seputih kapas bergulung dan di sinari mentari sore yang berwarna jingga. Sungguh pemandangan yang super indah.




Pos 7 (Kolong Buntu) - Lapangan/Pertigaan Besar - Puncak Rante Mario





Setelah melewati pos 7 pendaki akan bertemu pertigaan, dimana yang ke kiri itu menuju ke arah Lapangan dan yang kekanan itu menuju punggungan gunung dimana terdapat antena ABRI yang sudah tak terpakai. Sesampainya di Lapangan pendaki akan bertemu tanah lapang dimana terdapat banyak jalur, ke kiri itu menuju puncak Rante Mario, ke kanan 30° menuju Puncak Nene Mori, dan yang ke kanan 90° menuju palopo. Di lapangan ini ketinggiannya 3.300 mdpl.





Setelah melewati pertigaan lapangan pendaki akan menemukan dua jalan bercabang yang nantinya akan bertemu sebelum puncak Rante Mario. Sesampainya di puncak terdapat sebuah tugu setinggi 1,5 m yang menandakan anda telah sampai di puncak Rante Mario 3.478 mdpl puncak tertinggi tanah Celebes. Kemudian pendaki akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dari segala arah dimana tujuh puncak Latimojong berbaris tersusun rapi, di sebelah Utara terlihat puncak buntu Rante Kombala, di sebelah barat berdiri tegak puncak Pantealoan dan deretan bukit di Buntu Dea, sedangkan diarah selatan terlihat puncak buntu Nene Mori berselimut awan putih nan cantik.





10406376_10202158022019142_2466931439728929710_n


Sekedar info bahwa suhu di puncak Rante mario sangat dingin, melebihi suhu di gunung Semeru.





10414909_10202158029099319_7491419887082695578_n

0 comments:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com