Thursday 3 September 2015

Seven Summit of Indonesia






Selain di luar negeri, Indonesia juga memiliki 7 Summit yang tersebar di pulau-pulau besar di Indonesia.

Konsepnya sama dengan 7 Summit di Dunia bedanya, ke-7 gunung ini ada di Indonesia dan merupakan puncak-puncak paling tinggi di 7 pulau dan kepulauan utama Indonesia. Tujuh pulau atau kepulauan utama tersebut adalah Papua, Kalimantan, Jawa, Sumatera, Sulawesi, kepulauan Maluku, dan kepulauan Nusa Tenggara (Bali dan Nusa Tenggara).


Mari kita kupas lebih lanjut mengenai 7 Summit di Indonesia.



1. Gunung Bukit Raya - Kalimantan (2,278 mdpl)




Puncak gunung tertinggi di Kalimantan sebenarnya adalah gunung Kinabalu namun gunung tersebut berada di wilayah Malaysia. Sedang puncak tertinggi dalam “The Seven Summits of Indonesia” dari kalimantan adalah Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2.278 mdpl. Gunung tidak berapi yang merupakan bagian dari Muller Schwaner ini terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah pada koordinat 112º 07º BT dan 00º 24º LS. Rute pendakian bisa dimulai dari Nanga Popai, Kalimantan Barat.Klik disini untuk mengetahui rute pendakian gunung bukit raya.


2. Gunung Binaiya - Maluku (3,027 mdpl)





Gunung Binaia atau Binaiya atau Binaija adalah sebuah gunung yang terletak di Pulau Seram, Maluku di negara Indonesia. Gunung Binaiya merupakan gunung  tertinggi di Provinsi Maluku dengan ketinggian 3.027 meter di atas permukaan laut (mdpl) masuk ke dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah tepatnya pada koordinat 3° 10º LS dan 129° 28º BT.Gunung ini juga bukan gunung berapi Rute pendakian kepuncaknya bisa dimulai dari sisi utara melalui desa Kanike dan dari sisi selatan melalui desa piliana. Klik disini untuk mengetahui rute pendakian gunung binaiya.



3. Gunung Latimojong - Sulawesi (3,478 mdpl)





Puncak gunung tertinggi di pulau Sulawesi dipegang oleh gunung Latimojong dengan puncak tertingginya bernama Rante Mario memiliki ketinggian 3.478 m dpl. Pegunungan Latimojong yang merupakan gunung tidak berapi ini berada di kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, pada koordinat 3° 22º 54º LS 120° 1º 43º BT. Rute pendakiannya bisa dimulai dari desa Karangan. Sumber lain menyatakan puncak tertinggi adalah Rantekombola yang berada berdekatan dengan Rantemario. Klik disini untuk mengetahui rute pendakian gunung latimojong.




4. Gunung Semeru - Jawatimur (3,676 mdpl)





Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncak tertingginya Mahameru (3.676 mdpl).Terletak di wilayah perbatasan antara malang dan lumajang. Jalur pendakian terpopuler di Gunung Semeru adalah Ranupane, di ranu pane kita akan menemukan dua danau yaitu Ranupane dan Ranu Regulo. Kemudian setelah dari ranupane kita diarahkan ke dua jalur bercabang yaitu Watu Rejeng dan Ayek-Ayek. 

Pemandangan yang akan kita temui antara lain berupa savana, taman bunga lavender, bukit, hutan, danau, bermacam bunga, bermacam fauna, kabut, gunung-gunung kecil di sekitaran gunung Semeru. Klik disini untuk mengetahui rute pendakian gunung semeru.





5. Gunung Rinjani - Nusa Tenggara Barat (3,726 mdpl)





Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi di gugusan kepulauan sunda kecil, dengan ketinggian 3,726 meter diatas permukaan laut. Gunung ini berada di pulau Lombok provinsi Nusa Tenggara Barat yang berada di bawah naungan Tanan Nasional Gunung Rinjani. Tempat terfavorit di gunung ini selain puncaknya yang indah gunung ini juga memiliki danau yang populer yaitu Danau Segara Anak. Jalur pendakian gunung Rinjani bisa melalui desa Sembalun dan desa Senaru. Klik disini untuk mengetahui rute pendakian gunung rinjani.




6. Gunung Kerinci - Sumatra (3,800 mdpl)





Gunung Kerinci (juga dieja "Kerintji", dan dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura) adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatraPuncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota JambiPadang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh. 
Klik disini untuk mengetahui rute pendakian gunung kerinci.




7. Gunung Carstensz - Papua (4,884 mdpl)





Puncak Jaya ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4.884 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesial. Puncak ini merupakan gunung yang tertinggi di Indonesia kawasan Oceania. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak dunia. pada tahun 1963 puncak ini pernah berganti nama menjadi "Puncak Soekarno", namun setelah itu kembali berganti menjadi "Puncak Jaya", nama Piramida Carstensz pun masih sering digunakan dikalangan pendaki. 

Pendakian pertama pada tahun 1936 Ekspedisi Carstensz yang di prakarsai oleh belanda namun tidak mampu menentukan dimana letak puncak tertinggi kemudian pada akhir nya mereka memutuskan untuk mendaki masing-masing puncak, Anton Colijin, Jean Jacques Dozy, dan Frits Julius Wissel mencapi padang gletser Carstensz timur dan Puncak Ngga Pulu pada 5 Desember.

Klik disini untuk mengetahui rute pendakian gunung carstensz.

0 comments:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com