Thursday 3 September 2015

Seven Summits of the World




seven summits




Tujuh puncak pertama kali dikemukakan oleh Richard Bass dengan memasukkan Gunung Kosciuszko di Australia sebagai puncak gunung tertinggi benua Australia (yang mana gunung ini tidak lagi termasuk kedalam seven summit). Reinhold Messner mengemukakan daftar lain yang memasukkan Puncak Jaya atau Gunung Carstensz (Bahasa Inggris:Carstensz Pyramid) di Papua, Indonesia sebagai salah satu dari puncak gunung tertinggi di dunia, menggantikan gunung Kosciuszko. Kemudian ditemukan lagi dan lagi. Berikut ketujuh gunung tertinggi dari berbagai Benua.





1. Carstensz Pyramid (Puncak Jaya) 16.024 ft - 4.884 m | Benua Asia - Indonesia



arstensz Pyramid (Puncak Jaya)


Puncak Jaya ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4.884 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesial. Puncak ini merupakan gunung yang tertinggi di Indonesia kawasan Oceania. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak dunia. pada tahun 1963 puncak ini pernah berganti nama menjadi "Puncak Soekarno", namun setelah itu kembali berganti menjadi "Puncak Jaya", nama Piramida Carstensz pun masih sering digunakan dikalangan pendaki. Pendakian pertama pada tahun 1936 Ekspedisi Carstensz yang di prakarsai oleh belanda namun tidak mampu menentukan dimana letak puncak tertinggi kemudian pada akhir nya mereka memutuskan untuk mendaki masing-masing puncak, Anton Colijin, Jean Jacques Dozy, dan Frits Julius Wissel mencapi padang gletser Carstensz timur dan Puncak Ngga Pulu pada 5 Desember.




2. Vinson Massif 16.050 ft - 4.892 m | Benua Antartika



Vinson Massi


Gunung Vinson Massif adalah sebuah Gunung tertinggi yang terletak di Antartika yang memiliki ketinggian 4892 meter, atau setara dengan 16,050 ft. Pendakian pertama gunung ini pada tahun 1963 oleh dua kelompok pendaki dalam Amerika Alpine Club, salah satu yang dipimpin oleh Charles Hollister dan Samuel C. Silverstein.



3. Elbrus 18.513 ft - 5.643 m | Benua Eropa - Rusia, Georgia


Elbrus


Gunung Elbrus (Rusia: Эльбрус) merupakan sebuah gunung di Rusia, dekat perbatasan Georgia, salah satu dari Tujuh Puncak di dunia.  Gunung ini memiliki ketinggian 5.643 m (18.513 kaki) dan merupakan gunung terbesar di Rusia. Gunung ini termasuk dalam pegunungan kaukasus yang merupakan pegunungan paling terjal didunia. Selain karena medannya yang terjal gunung ini pun memiliki cuaca yang sangat jahat tak jarang banyak orang yang menganggap gunung Elbrus merupakan salah satu gunung paling mematikan didunia. Orang pertama yang mendaki di gunung itu ialah Florence Crauford Grove, Frederick Gardner, Horace Walker, Peter Knubel, dan Ahiya Sottaiev pada tahun 1874 melalui jalur barat puncak elbrus dan pendakian jalur timur puncak elbrus pada tahun 1829 oleh Killar Hashirov.



4. Kilimanjaro 19.340 ft - 5.892 m | Benua Afrika - Tanzania


Kilimanjaro


Kilimanjaro (bahasa Swahili: kilima, gunung; njaro, bercahaya) atau dulu disebut Kaiser-Wilhelm-Spitze adalah gunung di timur laut Tanzania. Gunung yang termasuk dalam bagian Kilimanjaro National Park, memiliki tinggi 4.877 meter (16,001 ft) bila diukur dari kaki gunung. Puncak Kilimanjaro sekaligus merupakan puncak tertinggi di Afrika, dengan ketinggian 5.895 meter (19,341 ft) di atas permukaan laut. Gunung ini juga disebut Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor yang berarti gunung putih dalam bahasa Masai.

Kilimanjaro adalah gunung api strato raksasa (sekarang tidak aktif) yang memiliki tiga puncak yaitu Kibo, Mawenzi, Shira, namun memiliki fumarol yang mengeluarkan gas di kawah yang terletak di puncak utama Kibo. Di Tanzania, puncak Kibo dikenal sebagai Puncak Uhuru. Pada tahun 2003, vulkanolog Jerman bernama Volker Lorenz memperkirakan magma cair terdapat di bawah permukaan kawah pada kedalaman 121,9 m (400 kaki).





5. MT Mckinley (Denali) 20.320 ft - 6.194 m | Benua Amerika Utara - Amerika Serikat, Alaska


MT Mckinley


Denali, biasa dikenal dengan nama Gunung McKinley, adalah gunung tertinggi di amerika utara termasuk dalam jajaran pegunungan alaska (Denali national park and preserve, Alaska, AS) yang berada di ketinggian 20,237 feet ( 6,168 m) diatas permukaan laut. Orang eropa yang pertama kali mencatat keberadaan gunung ini ialah george vancouver pada tahun 1794. Pendakian pertama denali yang berhasil tercatat pada tanggal 7 Juni 1913 oleh tim pendaki Hudson Stuck, Harry Karstens, Walter Harper, dan Robert Tatum, lewat jalur selatan. Kemudian pada di tahun 1951, Bradford Washburn merintis jalur pendakian west buttress, jalur ini dianggap paling aman, mudah dan jalur pendakian tersebut lah yang sering digunakan sampai sekarang.




6. Aconcagua 22.841 ft - 6.962 m | Benua Amerika Selatan - Argetina, Mendoza



Aconcagua


Aconcagua merupakan sebuah gunung di Argentina tepatnya di provinsi Mendoza, dekat perbatasan Chili. Gunung ini terletak di bagian barat di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 6.962 m (22.841 kaki) dan merupakan gunung terbesar di benua Amerika. Orang pertama yang mendaki gunung ini adalah Paul Gussfeldt pria berkebangsaan jerman tapi sayang dia terhenti di saat menempuh ketinggian 6560 mdpl dikarenakan badai. Kemudian di tahun 1897 Matthias Zurbriggen menjadi orang pertama yang menginjakan kaki di gunung aconcagua.




7. Everest 29.035 ft - 8.848 m | Benua Asia - Nepal, Cina 


Everest


Ini dia gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest (bahasa Inggris: Mount Everest) adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha bahasa Sanskerta untuk "Kepala Langit" dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma "Bunda Semesta". 

Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia. gunung everest pertama kali didaki tahun 1953 oleh Edmund Hillary berkebangsaan selandia baru dan juga oleh Tenzing Norgay berkebangsaan nepal.



0 comments:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com